SAN Bekasi

SAN Bekasi

Bercerita, Membangun Karakter Anak


Saat televisi belum banyak di masyarakat, dongeng adalah sebuah aktivitas yang menyenangkan bagi anak-anak. Namun saat ini aktivitas itu sudah mulai kalah dengan aneka program acara di televisi. Kalaupun ada aktivitas mendongeng, hal itu biasanya hanya pada momen-momen tertentu di suatu acara tertentu. Sudah jarang sekali orang tua yang mendongeng kepada anak-anaknya menjelang tidur.

Mendongeng, Berkisah, Bercerita, ataupun Story Telling memiliki banyak manfaat bagi anak-anak. Hal ini akan membangun karekter anak. Baik dari cerita dongeng yang biasanya dari rekaan kreatif (cerita fiktif) ataupun kisah-kisah hikmah positif yang diambil dari sejarah atau kejadian nyata seperti dari kisah-kisah yang diambil dari Al-Qur'an serta kisah Nabi dan Sahabat.

Bercerita seperti ini memang tidak menunjukkan hasil yang instan dalam membentuk karakter anak. Makanya terkadang kurang diminati untuk dilakukan oleh para Orang Tua. Padahal dongeng atau cerita-cerita teladan banyak masuk ke alam bawah sadar, di mana alam bawah sadar inilah yang kemudian paling berperan membentuk karakter atau akhlak seorang anak.

Jadi kalau dongeng itu diceritakan terus menerus, maka yang masuk ke alam bawah sadarnya semakin banyak. Kalau ceritanya yang baik-baik, maka yang masuk ke alam bawah sadarnya tentu yang baik-baik pula. Kalau yang diceritakan oleh orang tua kisah-kisah kepahlawanan, kebaikan, persahabatan, maka akan seperti itulah sifat anak nantinya.

Seperti apa kisah-kisah yang ditampilkan dalam film-film yang ada di televisi yang sering ditonton oleh anak-anak?
Ayo Ayah-Bunda, mari kita mendongeng dan berkisah kepada ananda tercinta. Jangan kalah dengan cerita film yang belum tentu positif bagi anak-anak.
Mari kita bangun karekter positif bagi ananda tercinta.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bercerita, Membangun Karakter Anak"

Post a Comment